MASIGNCLEAN103

Percakapan Bahasa Arab Tema Kedokter


: الضغط مرتفع، والسكر أيضًا. ماذا حدث؟

الطبيب
Tekanan darah tinggi dan gula juga. Apa yang telah terjadi?

Dokter
: تناولت دواء الضغط، ودواء السكر.

المريض
Saya telah minum obat tekanan darah dan obat gula.

Pasien
: أعتقد أنك لم تتبع الحمية.

الطبيب
Saya yakin anda tidak mengikuti aturan diet (pantangan)


: هذا صحيح، فقد تناولت كثيرًا من السكريات والدهون والنشويات.

المريض
Betul, saya telah mengkonsumsi banyak (makanan/minuman) yang mengandung gula dan kolesterol


: وأعتقد أنك لم تمارس الرياضة أيضًا.

الطبيب
Dan saya rasa anda juga tidak melakukan olahraga


: حاولت ذلك، ولكن لم أستطع، فأنا مشغول دائمًا.

المريض
Saya telah berusaha untuk itu, akan tetapi saya tidak sanggup. Karena saya selalu sibuk.


: حالتك خطيرة. لابد من الحمية، ولابد من الرياضة. الدواء وحده لا يكفي.

الطبيب
Kondisimu mengkuatirkan. (Anda) harus mengikuti diet dan harus melakukan olahraga. Obat saja tidak cukup.


: ماذا أفعل يا دكتور ؟

المريض
Apa yang harus saya lakukan, wahai dokter?


: اتبع الحمية، ومارس الرياضة، وتناول الدواء، وقابلني بعد شهر.

الطبيب
Ikutilah diet makanan, rajinlah berolahraga dan minum obat. Lalu datanglah kepadaku setelah sebulan.


( بعد شهر يقابل المريض الطبيب)


Setelah sebulan pasien menghadap dokter


: الضغط عادي، وكذلك السكر. ماشاء الله ! ماذا فعلت ؟

الطبيب
Tekanan darahmu sudah normal, demikian pula kadar gula. Masya Allah. Apa yang anda lakukan?


: اتبعت الحمية، ومارست الرياضة، وتناولت الدواء.

المريض
Saya mengikuti diet makanan dan rajin berolahraga serta minum obat


: أحسنت. قابلني بعد ستة أشهر.

الطبيب
Bagus. Datanglah kepadaku setelah enam bulan.


: إن شاء الله، وجزاك الله خيرًا

المريض
Insya Allah. Semoga Allah membalas kebaikanmu.


Share This :
Unknown