MASIGNCLEAN103

Percakapan Antara 2 Sahabat Dalam Bahasa Arab

الحِوَارُ بَيْنَ أحسن و أحمد
Ini adalah percakapan antara Ahsan dan Ahmad....
أحسن: مَتَى تَسْتَيْقِظُ يَا أَحْمَد؟
Ahsan: Kapan kamu bangun tidur hai Ahmad?
أحمد: أَسْتَيْقِظُ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ قَبْلَ الْفَجْرِ. وَ مَتَى تَسْتَيْقِظُ أَنْتَ؟
Ahmad: Saya bangun dari tidur pada jam 04.00 WIB sebelum waktu fajar. dan kaoan kamu bangun tidur?
أحسن: أَسْتَيْقِظُ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ وَ النِّصْفِ قَبْلَ الْفَجْرِ
Ahsan: Saya bangun tidur jam 03.30 WIB sebelum fajar.
أحمد: أَيْنَ تُصَلِّيَ الفَجْرَ؟
Ahmad: Di mana kamu Shalat Fajar?
أحسن: أُصَلِّي الْفَجْرَ فِي الْمَسْجِدِ. وَ أَيْنَ تُصَلِّيَ أَنْتَ عِنْدَ الْفَجْرِ؟
Ahsan: Saya Shalat Fajar di masjid. Di mana kamu mengerjakan Shalat fajar?
أحمد: أُصَلِّيَ الْفَجْرَ فِي الْمُصَلَّى قَرِيْبٌ مِنْ بَيْتِيْ
Ahmad: Saya Shalat Fajar di Mushallaa dekat rumah.
أحسن: مَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ؟
Ahsan: AApa yang kamu kerjakan setelah shalat fajar?
أحمد: الذِّكْرُ إِلَى اللهِ وَ أَدْعُوْا إِلَيْهِ. وَ مَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ؟
Ahmad: Berdzikir dan Berdo'a kepada ALLAH SWT. Lalu apa yang kamu kerjakan setelah shalat fajar?
أحسن: أَقْرَأُ الْقُرْآنَ الْكَرِيْمَ
Ahsan: Saya membaca Al-Qur'an.
أحمد: سُبْحَانَ اللهِ.. أَحْسَنْتَ يَا أَخِيْ
Ahmad: Subhaanallaah [Maha Suci ALLAH]..Baguslah saudaraku.
أحسن: وَ مَتَى تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
Ahsan: Kapan kamu berangkat ke sekolah?
أحمد: أَذْهَبُ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ صَبَاحًا. وَ فِي أَيِّ السَّاعَةِ تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
Ahmad: Saya berangkat ke sekolah jam 07.00 WIB Pagi. Pada jam berapa kamu berangkat ke sekolah?
أحسن: أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَ النِّصْفِ فِي الصَّبَاحِ
Ahsan: Saya berangkat ke sekolah pada jam 06.30 WIB Pagi hari.
أحمد: هَلْ تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ بِالسَّيَّارَةِ؟
Ahmad: Apakah kamu berangkat ke sekolah menggunakan mobil?
أحسن: لاَ, أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ بِالْحَافِلَةِ
Ahsan: Tidak. Saya berangkat ke sekolah dengan naik bis.
أحمد: مَاذَا تَفْعَلُ بَعْدَ الدِّرَاسَةِ؟
Ahmad: Apa yang kamu lakukan setelah sekolah?
أحسن: أُصَلِّي صَلَاةَ الظُّهْرِ جَمَاعَةً فِي الْمَسْجِدِ قَرِيْبٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ ثُمَّ أَتَعَلَّمُ أَيْضًا لِمُرَاجَعَةِ الدّرْسِ. وَ مَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ الدِّرَاسَةِ؟
 Ahsan: Saya melaksanakan shalat Zhuhur berjamaah di masjid dekat sekolah kemudian saya belajar dan mengulang pelajaran lagi. Lalu apa yang kamu kerjakan seusai sekolah?
احمد: اِسْتِرَاحَةٌ وَ أَنَامُ عِنْدَ النَّهَارِ فِي الْبَيْتِ
Ahmad: Istirahat dan tidur siang di rumah.
احسن: وَ مَاذَا تَفْعَلُ بَعْدَ ذَالِكَ؟
Ahsan: Lalu apa yang kamu lakukan setelah itu?
احمد: أُصَلِّي صَلَاةَ الْعَصْرِ جَمَاعَةً فِي الْمُصَلَّى. وَ أَنْتَ؟
Ahmad: Saya melaksanakan shalat 'Ashar berjamaah di mushalla. kalau kamu?
أحسن: وَ أَنَا كَذَالِكَ.. بَعْدَ المُرَاجَعَةِ ثُمَّ أُصَلِّيَ صَلَاةَ الْعَصْرِ فِي الْمَسْجِدِ
Ahsan: Begitu juga denganku.. setelah saya mengulang pelajaran.. lalu saya melaksanakan shalat 'Ashar di masjid.
أحمد: مَاذَا تَفْعَلُ بَعْدَ الْعَصْرِ؟
Ahmad: Apa yang kamu kerjakan setelah shalat 'Ashar?
أحسن: أَلْعَبُ كُرَةَ الرِّيْشَةِ فِي الْمَلْعَبِ الرِّيَاضِيِّ. وَ أَنْتَ؟
Ahsan: Saya bermain Bulutangkis di gelanggang  olahraga [GOR]. kamu?
أحمد: وَ أَنَا أَلْعَبُ كُرَةَ الْقَدَمِ فِي الْمَيْدَانِ. وَ بَعْدَ الرِّيَاضَةِ.. ثُمَّ مَاذَا تَفْعَلُ أَيْضًا؟
Ahmad: Saya bermain sepak bola di lapangan. Setelah berolahraga.. kamudian apa yang kamu lakukan?
أحسن: بَعْدَ الرِّيَاضَةِ اِسْتِعْدَادًا لِصَلاَةِ الْمَغْرِبِ. وَ أَنْتَ؟
Ahsan: Setelah berolahraga lalu persiapan untuk melaksanakan shalat Maghrib. kalau kamu?
أحمد: وَ أَنَا كَذَالِكَ
Ahmad: Saya juga demikian.
أحسن: ثُمَّ مَاذَا تَفْعَلُ بَعْدَ ذَالِكَ؟
Ahsan: Kemudian apa yang kamu kerjakan setelah itu?
أحمد: أَقْرَأُ الْقُرْآنَ الْكَرِيْمَ فِي الْمُصَلَّى حَتَّى جَاءَ وَقْتِ صَلَاةِ العِشَاءِ وَ أُصَلِّي الْعِشَاءَ فِي الْمُصَلَّى. وَ أَنْتَ؟
Ahmad: Saya membaca Al-Qur'an Al-Karim di Mushalla hingga tiba waktu shalat Isya' dan mengerjakan shalat Isya' di mushalla. kalau kamu?
أحسن: أَقْرَأُ الْقُرْآنَ الْكَرِيْمَ فِي الْبَيْتِ ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى الْمُصَلَّى أَوِ الْمَسْجِدِ لِأَدَاءِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ جَمَاعَةً
Ahsan: Saya membaca Al-Qur'an Al-Karim di rumah kemudian saya bergegas ke mushalla atau ke masjid untuk menunaikan shalat Isya' berjamaah.
أحمد: وَ مَاذَا تَفْعَلُ فِيْ وَقْتٍ بَعْدَ الْعِشَاءِ؟
Ahmad:  Lalu apa yang kamu lakukan setelah shalat Isya'?
أحسن: بَعْدَ الْعِشَاءِ.. أَتَعَلَّمُ أَيْضًا وَ أَنَامُ فِي السَّاعَةِ الْعَاشِرَةِ لَيْلًا
Ahsan: Setelah Isya'.. Saya belajar lagi kemudian saya tidur pada jam 22.00 WIB malam.
أحمد: سُبْحَانَ اللهِ.... أَحْسَنْتَ يَا أَخِي
 Ahmad: Subhaanallaah [Maha Suci ALLAH].... kamu saudaraku yang Sangat Hebat.
الحمد لله رَبِّ العالمين
~Semoga Bermanfaat~
آمين يالله
 
Share This :
Unknown